Kunker ke PT Pupuk Indonesia, Komisi VI DPR RI Soroti Kelangkaan Pupuk

  • Bagikan

Gresik – Wakil Ketua Komisi VI DPR RI M. Sarmuji menyoroti kelangkaan pupuk yang kerap dirasakan saat musim tanam tiba. Dia mengaku banyak menerima aduan dari masyarakat perihal kelangkaan pupuk.

Hal itu disampaikan Sarmuji saat memimpin Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VI DPR RI ke PT Pupuk Indonesia (Persero) dalam rangka tata kelola industri pupuk nasional di Gresik, Jawa Timur, Selasa (21/6/2022).

BACA JUGA :  DPR RI Minta Kemenaker Sanksi Perusahaan yang Tak Patuh Bayar BPJS Ketenagakerjaan

“Kami minta konfirmasi kepada PT Pupuk Indonesia kenapa pada saat musim tanam justru terjadi kelangkaan. Komisi VI DPR RI akan mendesak PT Pupuk Indonesia beserta seluruh jajarannya terutama untuk mengawasi jalur distribusi pupuk agar tidak ada penyelundupan, khususnya pupuk subsidi ke pasar internasional,” katanya.

Menurutnya, pemerintah diberitakan mengalami kesulitan memenuhi target kebutuhan pupuk bersubsidi karena keterbatasan anggaran.

Tercatat volume pupuk bersubsidi yang bisa ditopang pemerintah tidak lebih dari 9 juta ton atau senilai Rp25,27 triliun. Adapun Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) pupuk bersubsidi tahun ini adalah 24,3 juta ton.

BACA JUGA :  Delapan Tahun Pemkab Pamekasan Pertahankan Predikat WTP

Dikatakan Sarmuji, jika pupuk subsidi masuk ke pasar internasional, harga pupuk akan jauh lebih tinggi dibandingkan harga di pasar domestik. Oleh karenanya, pihaknya meminta PT Pupuk Indonesia bisa menjamin hal itu tidak terjadi.

“Pastinya kita juga sangat berharap agar petani bisa merasakan kehadiran Negara, khususnya pada saat waktu mereka (petani) menanam. Terutama menanam pupuk yang sangat diperlukan secara masif yaitu pupuk urea,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Empat Kriteria Bagi Lansia Penerima Bantuan Dinsos Pamekasan

Sarmuji juga memberikan apresiasinya atas kinerja PT Pupuk Indonesia. Sebab, menurutnya laporan keuangan yang dimiliki oleh PT Pupuk Indonesia saat ini mendapatkan keuntungan yang besar, meskipun diketahui terdapat beban dan kendala dari berbagai pihak.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.