Talk Show di SMAN 1 Nganjuk Bahas Ancaman Disintegrasi Bangsa

  • Bagikan

Nganjuk – Dalam rangka memperingati HUT ke-41, SMAN 1 Nganjuk menggelar Talk Show yang menghadiri orang-orang hebat alumni dari sekolah tersebut, Sabtu (8/1/2022).

Salah seorang tokoh yang hadir dan memberikan pemahaman kebangsaan yaitu, Danrem 081/DSJ, Kolonel Inf Waris Ari Nugroho. Selain itu, dihadiri Prof Dr Parno, seorang Guru Besar Fisika di Universitas Negeri Malang.

Kolonel Inf Nugroho menyampaikan perkembangan pandemi Covid-19 saat ini, serta bagaimana tindakan untuk dapat melindungi diri agar tidak tertular.

“Di Indonesia perkembangan pandemi Covid 19 telah muncul varian baru bernama Omicron yang berasal dari Afrika. Pemerintah sudah berupaya dalam penanganannnya dan mudah-mudahan dapat terbebas dari varian baru ini,” katanya.

BACA JUGA :  IAIN Madura Jalin Kerjasama dengan Perguruan Tinggi asal Libya

Oleh karena itu, kata Nugroho, untuk itu kita harus patuh terhadap setiap kebijakan dari pemerintah. Kita wajib mengikuti protokol kesehatan di setiap kegiatan.

Selain Omicron, ancaman lainnya yaitu adalah adanya proxy war yang merupakan perang modern. Di samping tentunya situasi disintegrasi saat ini.

“Dampak dari disintegrasi menimbulkan maraknya aksi demontrasi dan adanya perselisihan hingga isu SARA, serta menipisnya implementasi nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya.

BACA JUGA :  Membanggakan, Mahasiswa IAIN Madura Raih Mendali Emas di Ajang IPPPBMM VIII

Ia menambahkan, Danrem pun mengingatkan tentang pentingnya peran serta dari seluruh rakyat Indonesia dalam bela negara seperti yang telah tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945.

“Sebuah negara sama dengan mahluk hidup yang harus dilindungi. Dan dalam sebuah negara yang harus kita bela yaitu kedaulatan dan keselamatan negara. TNI merupakan komponen utama tidak akan berjalan tanpa dukungan semua pihak,” tambahnya.

BACA JUGA :  Pedagang di Pasar Palengaan Pamekasan Diminta Tetap Patuhi Prokes

Tak ketinggalan, Danrem juga menyampaikan rasa bangganya sebagai putra daerah Nganjuk dan sekaligus juga alumni dari SMAN 1 Nganjuk.

“Saya bangga. Kalian pun juga harus punya kebanggaan. Tanam dan tumbuh kembangkan rasa bangga itu, agar kalian nantinya mampu menjadi generasi muda penerus bangsa yang membanggakan,” pesannya menutup ceramah.

Tampak hadir juga dalam Talk Show tersebut yaitu Dirut PT Exindo Wiratantra Perkasa, Panito, S.E dan Kapolres Kediri, AKBP Agung Setyo Nugroho, S.I.K yang juga merupakan alumni dari SMAN 1 Nganjuk.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *