Seorang Siswa di Pamekasan Jadi Satu-satunya Perwakilan Madura yang Bisa Ikut KSN Tingkat Nasional

  • Whatsapp
Kepala Disdikbud Pamekasan Akhmad Zaini saat memberikan rewerd, didampingi Kabid SMP Rifai dan Kasi SMP Munhari

PAMEKASAN – Chamisha Laylani seorang siswa SMPN 2 Pamekasan yang mewakili Kabupaten Pamekasan berhasil menjadi juara Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat Jawa Timur (Jatim) tahun 2021.

Perjuangan Lani, sapaan akrab Chamisha Laylani, tidak cukup sampai disitu. Sebab dia harus berjuang lagi untuk menghadapi lomba berikutnya, yakni KSN tingkat Nasional.

Bacaan Lainnya

Saat ini, Lani bukan hanya menjadi perwakilan Pamekasan, melainkan juga perwakilan Madura. Sebab hanya dia satu-satunya yang lolos di tingkat Jatim.

Lani bersama 5 siswa lainnya dari berbagai daerah perwakilan Jawa Timur akan mengikuti kompetisi berikutnya di KSN tingkat Nasional.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pamekasan Akhmad Zaini mengatakan, Lani merupakan satu-satunya siswa di Pulau Madura yang berhasil mengikuti KSN tingkat Nasional di mata pelajaran IPA.

Menurutnya, prestasi yang diperoleh Lani ini perlu diapresiasi oleh seluruh elemen yang berada di bumi gerbang salam. Sebab, berkat semangat dan daya juangnya, Kabupaten Pamekasan selangkah lebih maju di bidang sains.

“Sebagai bentuk apresiasi Bupati Pamekasan dan Dinas Pendidikan, kami memberi rewerd berupaya uang senilai Rp 2 juta,” kata Kadisdikbud Pamekasan Akhmad Zaini usai memberikan rewerd kepada Lani di Kantor Disdikbud Pamekasan, Kamis (21/10/2021).

Zaini menyebut, rewerd yang diberikan kepada Lani sebagai bentuk menghargai perjuangannya, dan juga mampu meningkatkan semangat anak dalam meraih prestasi kembali, ketika anak telah meraih prestasi dan diberikan rewerd.

“Ia akan lebih termotivasi dalam mempertahankan ataupun mencapai prestasi yang lain dikemudian hari karena ia merasa usahanya telah dihargai. Dengan diberikanya reward, anak yang awalnya malas belajar akan memiliki motivasi yang lebih tinggi dan memungkinkan anak mampu meraih prestasi,” ujarnya.

Dikatakan Zaini, KSN yang digelar Pusat Prestasi Nasional guna memfasilitasi bakat, minat, dan prestasi peserta didik di bidang sains, dan merupakan ajang yang jujur, disiplin, sportif, tekun, kreatif, tangguh, dan berkarakter.

Oleh karena itu, kata dia, dihari H pelaksanaan lomba nasional tersebut, Disdikbud Pamekasan memfasilitasi 15 peserta dari berbagai sekolah di Pamekasan.

“Mereka kita kumpulkan di SMPN 2 Pamekasan dengan cara terpisah dan tidak boleh ada satupun orang yang masuk di sana, kita pantau terus sehingga mereka mengerjakan dengan jujur, sportif, tangguh dan berkarakter,” terangnya.

Sementara itu, orangtua Chamisha Laylani, Nanang Kurniawan menyampaikan banyak terimakasih kepada Kepala Disdikbud Pamekasan dan Kepala SMPN 2 Pamekasan yang telah memberikan motivasi kepadanya.

“Terimakasih atas apresiasi dan bimbingannya (Disdikbud dan SMPN 2 Pamekasan) sedari awal. Berkat bimbingan dan kepeduliannya anak kami bisa menjadi juara nasional KSN 2021,” ucapnya.

Pos terkait