GP Ansor Pamekasan Apresiasi 3 Tahun Kepemimpinan Bupati Baddrut Tamam

  • Whatsapp

PAMEKASAN – Belum lama ini, Bupati Pamekasan Baddrut Tamam melaunching 7 program untuk memudahkan masyarakat dalam pengurusan administrasi kependudukan.

Program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat ini diapresiasi oleh Ketua Pengurus Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Pamekasan Syafiuddin.

Bacaan Lainnya

“Tiga tahun kepemimpinan Baddrut Tamam banyak terobosan baru yang berpihak kepada masyarakat melalui inovasi program yang sebelumnya tidak dirasakan santri, dan masyarakat secara umum,” kata Syafiuddin.

Menurutnya, Ansor sebagai badan otonom dari Nahdlatul Ulama (NU) merasakan manfaat program bupati yang baru launching, dan program pro pondok pesantren, yakni beasiswa santri.

Program beasiswa khusus santri tidak mampu dan santri berprestasi ini manfaatnya sangat dirasakan. Sebab, program ini hadir sejak Bupati Baddrut Tamam memimpin daerahnya.

“Kami mewakili santri, karena kebetulan di NU itu ada beberapa lembaga yang salah satunya pemuda Ansor, yang rata-rata alumni pondok pesantren. Kami atas nama perwakilan santri se Kabupaten Pamekasan di bawah naungan NU, kami ucapkan terimakasih kepada bapak bupati, karena dalam tiga tahun ada 3 ribu lebih santri yang mendapatkan beasiswa santri,” ujarnya.

Dikatakan, adanya program beasiswa berupa uang Rp 500 ribu perbulan tersebut menjadi kado terindah bagi kaum santri di daerahnya. Tentu, program itu menandakan keberpihakan pemerintah daerah terhadap keberlangsungan pesantren dan santri.

“Mudah-mudahan apa yang diinisiasi bupati dalam tiga tahun kepemimpinan beliau, bisa terus dilanjutkan dan menjadi teladan bagi kita semua. Ini kado terindah kepada santri,” paparnya.

Ia menambahkan, beasiswa santri yang menjadi terobosan Bupati Pamekasan lebih awal dari peraturan presiden (perpres) nomor 82 tahun 2021 tentang dana cadangan pesantren yang baru ditetapkan oleh Presiden RI Joko Widodo.

“Selamat atas tiga tahun kepemimpinan Bapak Bupati Kabupaten Pamekasan. Kami sebagai santri tentu sangat merasakan adanya program itu,” tambahnya.

Selain beasiswa santri, kata dia, di bidang pendidikan telah menggelontorkan beasiswa untuk mahasiswa kedokteran, akademi militer dan akademi kepolisian.

“Di bidang ekonomi ada program wirausaha baru (WUB), program ini juga sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Selain mendapat pelatihan gratis, masyarakat juga mendapat bantuan alat, modal dan fasilitasi pemasaran,” terangnya.

Bahkan, kata Syafiuddin, baru-baru ini orang nomor satu di bumi gerbang salam melaunching program bersentuhan langsung dengan masyarakat di bidang administrasi kependudukan.

Diantaranya; Cobik Pasar (Cetak Dokumen Dhibik Pas Rantah), Arek Lancor (Arekam Langsung Cetak Tak Osa Ka Kantor), Super Settar (Sistem Pelayanan Akta Siap Antar), dan Pelita (Pelayanan Kartu Identitas Anak).

Serta Sajen Senneng (Sadeje Layanan Sittong Kenengan), Sapamu Gratis (Santun, Cepat, Mudah, dan Gratis), dan Lastare Kak (Layanan Areh Sabto Toron Ka Disah, Masyarakat Olle KK, Akta dan KTP).

Wakil Ketua DPRD Pamekasan ini berharap, perjuangan serta pengabdian Bupati Baddrut Tamam kepada masyarakat bernilai ibadah di sisi Allah. Karena program yang telah dijalankan selama ini sangat berpihak untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.

“Sekali lagi kami sampaikan terimakasih kepada bapak bupati atas program-program selama tahun terakhir ini,” pungkasnya.

Pos terkait