Kemenkes RI Beri Penghargaan kepada Pamekasan sebagai Kabupaten Sehat

Pamekasan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan menerima penghargaan Swisti Saba Kabupaten Kota Sehat dan juga Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) 2023 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Penghargaan itu diterima langsung oleh Pj Bupati Pamekasan Masrukin di Hotel Kempinski Jakarta, Selasa 28 November 2023 malam.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan dr Saifuddin mengatakan bahwa penghargaan kabupaten sehat yang diraih itu tentunya memerlukan banyak persyaratan sebagaimana ketentuan dari pemerintah.

“Persyaratan itu ada sembilan tatanan, diantaranya tatanan di bidang kesehatan, lingkungan hidup, tatanan pariwisata, dan lain sebagainya,” katanya.

Saifuddin menyampaikan, semua tatanan itu harus memenuhi standar yang telah ditentukan. Seperti di lingkungan pasar yang harus menyediakan fasilitas untuk ibu menyusui, tempat kawasan merokok, kondisi air, dan fasilitas lainnya yang dapat menunjang terciptanya lingkungan bersih dan sehat.

“Atas tatanan itu Pamekasan dikategorikan sudah mendapatkan nilai untuk juara kedua. Untuk mempertahankan itu perlu komitmen bersama, baik dari pemerintah dan masyarakat secara umum,” tuturnya.

Saifuddin berharap masyarakat senantiasa memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Pamekasan. Salah satunya dengan cara menjaga pola hidup bersih, dan sehat, baik di rumah, sekolah atau lingkungan lainnya.